Minggu, 26 September 2010

JOTA dari Masa ke Masa


JOTA, berasal dari bahasa Inggris , singkatan dari Jambore On the Air, pengertian  secara umum adalah“Jambore di Udara “. Istilah kegiatan ini menurut WOSM (World Organisation Scout Movement) disebut Scout Jamboree on the Air/Sur Les Ondes . Kegiatan ini, sudah dilasanakan , sejak tahun 1957.Jambore itu sendiri berarti pesta. Lazimnya dilaksanakan di daratan ,dalam bentuk kegiatan lapangan ,seperti perkemahan (camping). Akan tetapi JOTA ,dilaksanakan dengan cara saling berkomunikasi, melalui seperangkat alat radio amatir. Dengan demikian,JOTA merupakan sarana komunikasi antar para pramuka S,G,T,D,anggota Dewasa dan pihak lain yang memiliki ,minat dan hobi  di bidang radio amatir.


Persiapan JOTA

Untuk melakukan JOTA ,diperlukan persiapan ruangan stasiun dan izin (call sign).Para stasiun peserta JOTA ,harus sudah memiliki Call Sign dari ORARI setempat. Setelah stasiun selesai ,dilakukan pengecekan signal ,biasanya dilakukan secara serentak oleh stasiun Induk , yang disebut ROLLING , sekaligus m,engecek apakah stasiun peserta JOTA ,telah siap melakukan kontak atau komunikasi dengan staiun lainnya. Selebihnya adalah persiapan personil  dan operator RADIO beserta kebutuhannya , buku catatan / kertas untuk menulis nama stasiun  lawan yang berhasil dihubungi. Setelah selesai JOTA , setiap stasiun dan personil yang melakukan kontak (QSO) saling mengirimkan kartu JOTA ,yang disebut  QSL CARD. Sedangkan Stasiun-stasaiun , menyampaikan laporan kegiatan QSO nya kepada Stasiun Induk untuk  , diberikan Piagam JOTA .

Pelaksanaan JOTA

Acara JOTA , dimulai dengan ROLL ON , oleh stasiun Induk JOTA , biasanya oleh stasiun JOTA milik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Setelah masing masing Stasiun JOTA menyatakan kesiapannnya , dilakukanlah QSO perdana oleh Stasiun Induk dengan stasiun JOTA yang dipilih.Kontak selanjutnya dilakukan oleh masin g- masin g stasiun dengan stasiun – stasiun lainnya.
Tentu saja QSO ini , akan dapat dilakukan dengan baik, bila didukung oleh peralatan Radio yang memadai.
Terdapat beberapa nama JOTA selama beberapa dasawarsa , yang secara garis besar diuraikan sebagai berikut ;

Periode sampai 80-an

Jambore di Udara , masih dilaksanakan dengan memakai nama JOTA ( Jamboree On the Air).Kegiatan yang dilakukan dengan memakai nama ini terbagi
Dua yaitu JOTA Nasional , biasa disingkat JOTANAS  dan JOTA internasional, (tanpa singkatan ). JOTA Nasional dilaksanakan bulan agustusl setiap tahun  sedangkan  JOTA Internasional pada bulan Oktober setiap tahunnya.
Perbedaan mendasar kedua JOTA tersebut , adalah cakupan wilayah QSO (  kontak ).JOTA Nas, hanya ber QSO , dengan stasiun JOTA dari seantero Nusantara, sedang pada JOTA Internasional, QSO dapat meliputi seluruh dunia, sesuai dengan kemampuan peralatan radio stasiun masing-masing. Namun tidak tertutup kemungkinan ikutsertanya peserta dari luar negeri pada JOTANAS.

Periperiode sampai 90-an

Pada periode ini, muncul istilahPERKASA, singkatan dari Pertemuan Pramuka di Angkasa .Diasumsikan  lahirnya istilah pertemuan ini , direduksi dari istilah Jambore , hanya saja lebih mendekati pengertian Raimuna , yang berarti pertemuan bagi para kepala suku .Sedangkan Jambore lebih cenderung berarti pesta. PERKASA ini, diperkenalkan sebagai paket JOTA Nasionalnya Indonesia. Jadi Isatilah JOTANAS digantikan dengan PERKASA .Jadwal pelaksanaannya ,bulan agustus. (ke- halaman 2......)
Halaman 2...Jota Riwayatmu dulu

 Istilah  JOTA dijadikan sebutan untuk Jambore di Udara Internasional, tetapi tanpa menyertakan kata – kata Internasionalnya, (hanya JOTA) Artinya setiap JOTA, adalah kegiatan Jambore di Udara untuk tingkat Internasional , yang  di laksanakan pada bulan Oktober setiap tahunnya.

Periode 96 – sekarang

  Pada periode ini ,Jota dilaksanakan kembali dengan nama JOTA. Tidak ada pemisahan khusus untuk masing – masing tingkatan JOTA. Baik itu untuk JOTA Nasional maupun JOTA Internasional. Pada setiap penyelenggaraan  JOTA , hanya digunakan satu istilah saja, yaitu JOTA. Hal yang membedakan antara JOTA Nasional dan Internasional ,adalah waktu penyelenggaraannya. JOTA Nasional agustus dan JOTA  Internasional oktober.
Sehubungan dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informas, serta semakin memasyarakatnya dunia internet , maka dilaksanakanlah JAMBORE INTERNET, yang disingkat JOTI., yang menggunakan perangkat komputer dan jaringan server . Jamboree ini oleh WOSM ( Badan kepanduan sedunia )  diperkenalkan dengan istilah JAMBOREE ON THE INTERNET [ sur (‘ Surfing’) Internet ].JOTI , dilaksanakan pertama kali pada tahun 1996., biasanya dilaksanakan di warnet , dengan cara bekerjasama dengan pemilik warnet , guna memudahkan persiapan perangkatnya.

STASIUN YB4ZKY

YB4ZKY , adalah callsign stasiun Amatir Radio atau stasiun JOTA Kwartir Daerah gerakan Pramuka Jambi .Stasiun ini, telah berdiri sejak tahun 1986 , ketika Kwarda jambi masaih beralamat di Jl. Pakis IV Telanaipura Jambi .

Beberapa kegiatan Stasiun Kwarda Jambi yang tercatat yaitu :

1.Pernah menjadi stasiun QSO perdana dengan stasiun  JOTA Nasional  YBOS.
2.Pernah menjadi Net Kontrol pada JOTA.
3.Melaksanakan JOTA, yang diikuti dengan pelaksanaan Perkemahan JOTA di Lemdadika Telanaipura Jambi tahun  1987.
4.Ikut memeriahkan JOTA/JOTI dengan melaksanakan Upacara Pembukaan JOTA /JOTI. (Scout zone- Madri)
5. kwarcab Kota jambi pernah ikut serta Jambore On The Air pada tahun 1988 dengan mendirikan stasiun di kwartir Cabang Kota Jambi. Peran serta pramuka penegak pandega se-kota jambi (dahulu Kota Madya jambi), di kordinir Oleh DKC Kota jambi selama pelaksanaan JOTA tersebut.
(Independen Scouting Jurne- Madri)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentar anda...!!!