Kamis, 07 Oktober 2010

PERLUNYA MENJAGA KONSISTENSI PRAMUKA


Jambi, Sampai kapan pun, negara Indonesia akan tetap membutuhkan warga negara yang cinta pada tanah air, bangsa, dan negara. Salah satu upaya untuk memupuk rasa cinta tanah air, bangsa, dan negara serta menumbuhkan jiwa bela negara bagi generasi muda dilakukan melalui Parade dan Gelar Senja, penurunan bendera oleh para anggota Pramuka yang biasanya dilakukan setiap tanggal 17 sore sampai senja tiap bulannya. Namun, untuk September 2010, Gelar dan Parade Senja di Kota Jambi dilaksanakan pada Selasa (21/9), dipadukan dengan acara Halal bi Halal serta bersamaan dengan pelaksanaan Hari Pramuka ke-49 tingkat Kota Jambi.


Perpaduan tiga kegiatan yang bertempat di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi ini mengandung arti yang strategis dan dapat mengefisienkan waktu, tenaga, dan biaya.

Sekda Provinsi Jambi, Drs. A.M. Firdaus, M.Si selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi dan bertindak sebagai pembina upacara dalam sambutannya menghimbau untuk tetap menjaga konsistensi Gerakan Pramuka dalam upaya yang terus-menerus memupuk silaturahmi, rasa cinta tanah air, bangsa, dan negara, khususnya bagi anggota muda Gerakan Pramuka.

Sekda Provinsi Jambi ini mengutip amanah Presiden RI, DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Tingkat Nasional pada acara Hari Pramuka ke-49 tahun 2010 di Cibubur, Jakarta, “Presiden SBY meminta pejabat terkait untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada Gerakan Pramuka. Bantuan itu termasuk pendanaan Gerakan Pramuka di wilayah masing-masing.”
Presiden juga menyampaikan kepada menteri terkait untuk terus memberikan perhatian terhadap revitalisasi Gerakan Pramuka. Kepada gubernur, bupati, walikota agar terus memberikan dukungannya.

Presiden berharap, Gerakan Pramuka menjadi motor penggerak di abad 21. Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah mendidik dan mengembangkan karakter bangsa. Presiden juga meminta agar metode Pramuka semakin tepat dan sesuai dengan perkembangan zaman, serta agar Pramuka memperkuat organisasi dan manajemen kepramukaan dengan tepat.

Usai sambutan yang disampaikan Sekda Provinsi Jambi, dilakukan pemberian penghargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Melati, Darma bakti, Karya Bakti, dan Pancawarsa Gerakan Pramuka kepada beberapa orang anggota Pramuka Jambi, yang disematkan oleh A.M. Firdaus.

Pada kesempatan tersebut diberitahukan bahwa Sekda Provinsi Jambi, Drs. A.M. Firdaus, M.Si selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi dianugerahkan Lencana Melati oleh Presiden, SBY, pada 14 Agustus 2010 di Cibubur. 

Sebelum penurunan bendera, ditampilkan atraksi Pramuka Peduli Lingkungan dengan slogan Satu Gerakan Selamatkan Lingkungan dari Pramuka Penggalang SMP Negeri 18 Kota Jambi dan atraksi drum band dari MAN Model Kota Jambi.
Sumber : Biro Humas dan Protokol

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentar anda...!!!